Kamis, 20 Mei 2010

Multitasking adalah kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu tugas secara bersamaan. Istilah multitasking dan multiprocessing kadang dipergunakan secara bergantian, meskipun multiprocessing kadang melibatkan lebih dari satu CPU.


Pada multitasking, hanya dipergunakan satu CPU, namun perpindahan antar satu program ke program lainnya dilakukan dengan sangat cepat sehingga jika dilihat akan nanpak bahwa program dijalankan secara bersamaan.

Ada dua jenis multitasking, yaitu preemptive dan cooperative. Pada preemptive multitasking, sistem operasi akan membagi waktu CPU untuk setiap program. Sedangkan pada cooperative multitasking, setiap program dapat mengendalikan CPU selama masih diperlukan. Jika sebuah program tidak mempergunakan CPU, maka program yang lain dapat mempergunakannya.

Contoh sistem operasi yang mempergunakan preemptive multitasking antara lain adalah OS/2, Windows 95, Windows NT dan UNIX. Sedangkan sistem operasi yang mempergunakan cooperative multitasking adalah Windows seri 3.x.(dna)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar