Selasa, 09 November 2010

Dasar-Dasar Pengertian Komputer

1. ARSITEKTUR KOMPUTER

arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC,RISC, blue Gene, dll.

A. Peralatan input

· Keyboard

Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard computer pertama disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan teknologi p[engiriman tulisan jarak jauh(teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakn pembaca kartu pembuat lubang(punched card reader) sebagai alat input dan output, Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yeng terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khisus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts, Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet A-Z, a-z, angka(numeric), 0-9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = / , . ? “ ‘ : ; \ |, tombol fungsi (F1-F12), serta tobol-tobol khusus lainnya yantg jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard dihubungkan ke computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukan kedalam port yang terdapat pada CPU komputer.

· Mouse

Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat

digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.

Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka

akan terlihatdua pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat

bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk yang satu kearah horizontal

(mendatar) dan satu lagi Vertikal (atas dan bawah ). Jika kita hanya menggerakan pengendali horizontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horizontal saj pada layar monitor computer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertical yang digerakan, maka penunjuk hanya bergrak secara vertical saja dilayar monitor.jika keduanya kita gerakan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “click” ini tergantung pada object (daerah) yang kita tunjuk. Computer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau object yang tidak penting. Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal dengan istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernnya, salah satu akibatnya object tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke object lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukan pada port yang terdapat di CPU computer.

· Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi. Mesin foto kopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilakn pada layar monitor computer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file teks, dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio, ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1000 halaman teks cetak dan kemudian mentranfernya ke sebuah computer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan “Quicklink”. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi computer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari merbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian tekologi misalnya penggunaan tombol digital dan teknik pencahayaan.

Cara kerja scanner :

Ketika kita menekan tombol mouse untuk memulai scanning, yang terjadi adalah :

1. penekanan tobol mouse dari computer mwnggerakan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning

2. kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning

3. nyala lampu yang telihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan

4. setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan

hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

5. apabila hasil atau tampilan teks atan gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakn software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, adobe, pot scanned dll.

B. Pemrosesan Pusat Dan Penyimpanan Sekunder

Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program

secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk,

hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat

ini berbentuk disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan program

dilakukan dengan perputaran disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per

Minute ). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini

mengakibatkan semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang

dihasilkan. Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan

akses dan metode akses data. Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder

adalah sebagai berikut.

Pre-IDE : Memiliki kecepatan 3600 RPM

IDE : Memiliki kecepatan 5200 RPM

IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 5400 RPM

IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 10000 RPM

Memory sekunder memiliki alat untuk membaca dan menulis. Alat untuk membaca dan menulis pada harddisk disebut head sedangkan pada floppy disk disebut side. Setiap piringan dalam disk memiliki 2 sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Head/side dibagi menjadi sejumlah lingkaran konsentrik yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari sebuah head yang ada disebut cylinder. Pada suatu track dibagai menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.

· Magnetic Tape

Magnetik tape berbentuk pita panjang dan terbuat dari bahan plastic film ( mylar )

yang dapat dimagnetisasi ( ferrum oxide atau chromic oxide ) kerapatan data termasuk tinggi, 1200-9000 Bpi ( bit per inchi ) sedangkan kerapatan data standar yang digunakan adalah 800/1600 Bpi. Kecepatan pembacaan/ penulisan pada magnetic tape adalah 75- 200 inchi/det. Umumnya magnetic tape memiliki lebar pita 0.5 inchi dan memiliki ketebalan pita 0.15 inchi ( = 3.88 mm ) atau 0.25 inchi ( 6.4 mm ) panjang pita berfariasi, yaitu 300,600,1200 atau 2400 feet per reel. Metode penyimpanan yang digunakan bisa dengan metode blocking ( dipisahkan oleh interblock/ IBG ) atau tanpa bloking ( dipsahkan oleh inter record Gap/ IRG ) lebar IRG berkisar antara 0.12-0.6 inchi sedangkan lebar IBG antar 0.3-0.75 inchi. Resiko yang dihadapi pada media jenis ini adalah sensitive terhadap distorsi,debu, kelembaban,magnet, dan suhu tinggi Akses pembacaan dan penulisan data pada magnetic tape dilakukan secara sequential dengan transfer rate relative lambat, sehingga dalam penggunaannya termasuk media offline jumlah track pada magnetic tape bias 7/9 track. Tape 7 track digunakan untuk tape kode bcd untuk tape dengan kode BCD, track ke 0 hingga ke 5 untuk penulisan karakter dan track ke 6 untuk bit paritas. Sedangkan tape 9 track digunakan untuk tape dengan kode EBCDIC ( track ke 0 hingga ke 7 untuk penulisan karakter dan track ke 8 untuk bit paritas ) bit paritas digunakan untuk mengecek kesalahan, yang dapat dipilih jenis odd/event check. Contoh yang termasuk dalam jenis media ini adalah pita kaset dan real tape. Teknologi baru pada magnetic tape semakin meningkat dengan cirri kualitas head semakin baik, data den city semakin tinggi, g a p semakin sempit.

· Hard Disk

Hard disk dibuat dari bahan berupa logam yang dilapisi ferrooxide dan bahan yang mudah termagnetisasai. Struktur hard disk tersusun atas sejumlah disk dengan jumlah track bisa mencapai 200 track. Jumlah head pada hard disk berfariasi tergantung jumlah disk penyusunnya. Kecepatan hard disk bisa mencapai 7500 RPM . Hard Disk merupakan salah satu media penyimpan sekunder (storage) yang menpunyai kapasitas yang relatife besar.program-program aplikasi berkuran besar yang banyak beredar,mutlak memerlukan hard disk sebagai media penyimpannya.kapasitas hard disk berfariasi mulai dari 40 MB,80 MB,640MB,840 MB,1.0GB,1.2GB,1.7 GB,2.1 GB,4,3GB,10 GB,20GB,40 GB, 60 GB, dan teknologi yang lebih baru akan memiliki kapasitas yang semakin besar.

· Removable Hardisk

Secara prinsip removable hardisk sama dengan hardisk, hanya saja dapat dipasang

dan dilepas dengan mudah. Removable hardisk dibentuk berupa cartridge, yang dipasang pada removable rack. Removable rack tersambung pada power supplay dan kabel data IDE interfacenya.

· Floppy Disk/Disket

Floppy disk/disk/disket secara fisik ada yang berukuran 3,5” atau 5,25”. Disk

berukuran 5,25” dibagi 2, yaitu high density yang mempunyai kapasitas 1,2MB dan double density dengan kapasitas 360KB. Disk berukuran 3,5” ada yang memiliki kapasitas 720KB, 1,44MB atau, 2,88MB. Akses data dalam floppy disk dilakukan dengan menggunakan diskdrive. Floppy disk terbuat dari bahan plastik film (mylar) yang dilapisi bahan magnetic lentur. Susunan data dalam floppy disk diatur serial dalam track dan sector. Floppy disk dapat mempunyai 1 indeks hole(soft sectored) atau 2 indeks hole(hard sectored).

· Zip Drive

Zip drive meruapakan teknologi terbaru yang dikembangkan untuk mengataasi

kapasitas floppy disk. Zip drive terdiri dari atas floppy drive dan cartridge floppy khusus yang mampu menampung data hingga hampir 100MB. Teknologi ini sangat membantu karena ukuran data saat ini semakin besar dan seringkali tidak cukup jika disimpan dalam floppy disk atau harus disediakan banyak floppy disk.

· CD Room

CD-Room bukanlah alat penyimpanan yang paling cepat, namun CD-Room

merupakan media pendistribusian paling murah untuk data/informasi berukuran besar. CD-Room bukan saja digunakan untuk menyimpan data teks, tetapi juga dapat menyimpan gambar, suara, dan animasi sehingga media ini untuk aplikasi multimedia CD-Room merupakan salha satu media penyimpanan sekunder(storage) yang berkapasitas besar (hingga 700MB). Banyak aplikasi yang bisa dijalankan secara langsung dari CD-Room sehingga bisa menghemat kapasitas Hard disk. CD-Room hanya bisa membaca data yang telah tersimpan dengan kecepatan baca data yang bervariasi, yaitu 1x, 2x, 3x, 4x, 6x, 8x, 10x, 12x, 16x, 18x, 20x, 24x, 32x,. Saat ini kecepatan baca tertinggi 52x.

· DVD (Digital Versatile Disc)

DVD merupakan kelanjutan teknologi memori sekunder menggunakan media

optical disk. DVD memiliki kapasitas hingga mencapai 9GB. Perkembangan teknologi DVD-Room juga lebih cepat dibandingkan perkembangan teknolog CD-Room. DVD- Room 1x memungkinkan rata-rata transfer data mencapai 1.321 MB/s dengan rata-rata Burst transfer 12MB/s. Keterangan mengenai DVD drive rate, data rate, equivalent CD rate, DVD ada yang dapat ditulisi satu kali saja dan ada yang lebih (Recordable DVD).

Versi Recordable DVD adalah sebagai berikut:

Ø DVD-R for General, hanya sekali penulisan.

Ø DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan.

Ø DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali.

Ø DVD-RW, dapat ditulis berulang kali.

Ø DVD+Rw, dapat ditulis berulang kali.

Ø DVD+R, Hanya sekali penulisan.

· Mechanical Storage

Mechanical Storage mempunyai karakteristik sebagai berikut:

§ Terbuat dari bahan semi konduktor dan unsur mekanis.

§ Pembacaan dan penulisan data melibatkan unsur mekanis.

§ Contoh: disket

§ Unsur mekanis yang terlibat meliputi: rotasi, translasi, dan gesekan.

§ Unsur mekanis ini mengakibatkan kecepatan transfer datanya jauh lebih rendah dari IC-RAM.

C. Peralatan Output

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk,yaitu tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau gambar),suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form0.Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari computer.

Peralatan output dapat berupa:

• Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada

media keras seperti kertas atau film.

• Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image

pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

· Printer

Klasifikasi dasar printer adalah :

a. Character printer yang mencetak satu karakter setiap kali.Contohnya yang paling umum adalah dot matrix printer.

b. Line printer yang mencetak seluruh baris setiap kali.

c. Page printer (image printer) yang mencetak seluruh halaman setiap kali. Metode dasar penghasilan cetakan:

a. Impact atau non-impact printing.Impact printer memukulkan atau membenturkan pita tinta ke kertas,sedangkan non-impact printer menggunakan metode printer lain,misalnya thermal atau elektrostatik.

b. Shaped character printing atau dot-matrix printing.Shaped character printing

mempunyai hasil cetakan yang lebih baik dari dot-matrix printing. Kecepatan cetak (print speed):

a. Low speed (kecepatan rendah) : 10 cps / 300 lpm

Dot matrix impact character printer.Ini adalah jenis printer berkecepatan rendah

yang paling sering digunakan,dan sering disebut dengan nama “dot matrix

printer”. Daisywheel printer.Ini adalah jenis lain printer berkecepatan rendah yang terkenal,yang akan digunakan jika kita memerlukan kualitas cetakkan yang tinggi. Inkjet printer.Ini adalah printer berkecepatan rendah yang tidak gaduh,karena menggunakan cara penembakan percikan tinta yang sangat halus ke atas kertas.

b. High speed (Kecepatan tinggi) : 300 lpm – 3000 lpm

Line printer.Ini adalah impact shaped-character printer yang mencetak

keseluruhan baris setiap kalinya.

Page printer.Ini adalah printer yang mencetak tampilan sebesar halaman penuh

setiap kalinya.

· Graph Plotter

Graph plotter digunakan untuk tujuan (penggunaan) ilmiah dan

perekayasaan.Salah satu aplikasi khususnya adalah CAD (Computer Aided

Design),dimana desain mesin atau arsitektural diciptakan oleh computer dan dikeluarkan (outputnya pada graph plotter).

Perangkat ini memberikan bentuk output yang sama sekali berbeda,dan ia mempunyai keragaman aplikasi.Dua jenis dasarnya adalah:

a. Flatbed type.Penanya bergerak keatas,turun,menyilang,atau menyamping.

b. Drum type.Penenya bergerak keatas,turun,dan menyilang. Kertasnya bergerak

menyamping.

· Monitor

Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis. Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Minitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :

Monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.

Gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.

Color : Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).

2. SOFTWARE

A. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer

dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang

terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

· Fungsi Dasar

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu

perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti

membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

· Tujuan Mempelajari Sistem Operasi

Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.

· Sasaran Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta mampu berevolusi sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem- sistem yang baru.

· Layanan Sistem Operasi

Sebuah sistem operasi yang baik menurut Tanenbaum harus memiliki layanan sebagai berikut: pembuatan program, eksekusi program, pengaksesan I/O Device, pengaksesan terkendali terhadap berkas pengaksesan sistem, deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan, serta akunting. Pembuatan program yaitu sistem operasi menyediakan fasilitas dan layanan untuk membantu para pemrogram untuk menulis program; Eksekusi Program yang berarti Instruksi-instruksi dan data-data harus dimuat ke memori utama, perangkat-parangkat masukan/ keluaran dan berkas harus di-inisialisasi, serta sumber-daya yang ada harus

disiapkan, semua itu harus di tangani oleh sistem operasi; Pengaksesan I/O Device, artinya Sistem Operasi harus mengambil alih sejumlah instruksi yang rumit dan sinyal kendali menjengkelkan agar pemrogram dapat berfikir sederhana dan perangkat pun dapat beroperasi; Pengaksesan terkendali terhadap berkas yang artinya disediakannya mekanisme proteksi terhadap berkas untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas; Pengaksesan sistem artinya pada pengaksesan digunakan bersama (shared system); Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sejumlah sumber-daya dan data dari pemakai tak terdistorsi serta menyelesaikan konflik-konflik dalam perebutan sumber-daya; Deteksi dan Pemberian tanggapan pada kesalahan, yaitu jika muncul permasalahan muncul pada sistem komputer maka sistem operasi harus memberikan tanggapan yang menjelaskan kesalahan yang terjadi serta dampaknya

terhadap aplikasi yang sedang berjalan; dan Akunting yang artinya Sistem Operasi yang bagus mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber-daya dan memonitor parameter kinerja.

B. Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa macam paket software untuk komputer IBM PC atau yang

kompatibel dengan IBM PC.

1. Aplikasi Untuk Pengolah Kata:

Microsof Word, Final Word,Easy writer II,NBI word processing,Word

Vision,Word Star, Textplus, dan lain-lain.

2. Aplikasi Untuk Database Dan File Management:

Advanced Db master,Advanced System PAC,Aladin,Data Ace,dBASE-III,Easy

Filler,Visifile,dan lain-lain.

3. Aplikasi Untuk Permodelan:

Calc-86,Construction Models, Microsoft Window, Symphony,Vizualize, VIZ-

A-CON, The Thinker, dan lain-lain.

4. Aplikasi Untuk Investasi Manajemen:

Finacial Fastrax, Financial Optioncalc,stockcal, dan lain-lain.

5. Aplikasi Untuk Akuntansi:

Account payable,Colorbiz Inventory,Gneral Ledger System,Inventory control,

Versainventory, dan lain-lain.

6. Aplikasi Penjadwalan Proyek:

Microgantt,Shoebox,Time Scheduler, Visischedule, dan lain-lain.

7. Aplikasi Untuk Komunikasi Dan Telekomunikasi:

Ascom, Ethernet,The Micro Link II, Microterm,Move-it, dan lain-lain.

8. Aplikasi Untuk Garfik:

Auto Cad, Business Graphics, Corel Draw, Pc-Draw,Graph Magic, Pyxel

Visual, Adobe Photoshop, Fast Graph, dan lain-lain.

9. Aplikasi Untuk Manipulasi Printer:

Letrrix, Fancy Font, Nice Print, Select A Font, Printer Boss,Side Ways, dan

lain-lain.

10. Aplikasi Untuk Manfaat :

Autodex, Sevenware, Side Kick, The Spooler, Super key,System Backup, UT-

86,The Norton Utilities, dan lain-lain.

11. Aplikasi Untuk Sorting:

Autosort, fatsort,HBsort, the Sort, The Sorter, dan lain-lain.

12. Aplikasi Untuk Pendidikan:

FaceMaker, Math Drills,Pc Pal, Pc pilot,Video Etch,Word Whiz, dan lain-lain. 13. Aplikasi Untuk Permainan:

Apple Panic, jumpman,Miliionaire,space minner,zork, flight simulator,train

simulator, dan lain-lain.

14. Aplikasi Untuk Statistic:

BMD,Microstat,SPSS, Statpro, TSP, SAS, dan lain-lain.

3. Peranan Peralatan Input Dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah

Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik

secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter

(berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak

langsung).

Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung

atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis

umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi

peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet,analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar