Senin, 19 Maret 2012

Sejarah Kartu Kredit


SEJARAH KARTU KREDIT Konsep pemakaian kartu sebagai salah satu sarana bertransaksi sebenarnya sudah dikenal sejak lama.
1.Bermula dari tahun 1920-an di Amerika mulai digunakan sebuah kartu untuk
    melayani pembelian bensin.
2.Pada era tahun 1970-an mulailah lahir mesin-mesin ATM sebagai penanda
    lahirnya pemakaian teknologi informaasi dalam hal bertransaksi perbankan.
3.sejak itu asal muasal kartu kredit mulai lahir. dan berikut adalah
    perkembangannya :
a.*) Tahun 1924 : Konsep pemakaian kartu untuk transaksi perbankan mulai
di terapkan oleh 100 buah bank di seluruh dunia.
b.*) Tahun 1938 : Beberapa perusahaan mulai bisa menggunakan antar
kartu.
c.*) Tahun 1950 : Konsep penggunaan kartu sebagai alat pembayaran ditemukan oleh Farnk X. McNamara. PAda tahun yang sama lahirlah kartuplastikpertama, aitu Dinners Club yang selanjutnya diikuti oleh AmericanEXPRESS.
d.*) Tahun 1958 : Bank of America mengeluarkan BangAmericard. AMEX
mulai merambah pasar entertainment dan travel dalam hal penggunaan
kartu.
e.*) Tahun 1966 : Bank of America menawarkan lisensi untuk membuat
kartu pembayaran kepada bank-bank lainnya. Pada tahun yang sama pula
lahirlah MasterCard.
f.*) Tahun 1969 : ATM pertama lahir di Inggris.
g.*) Tahun 1970 : Konsep mengenai kartu kredit diterima secara luas.
h.*) Tahun 1977 : Lahirlah VISA.
i.*) Tahun 1994 : Transaksi perbankan di Amerika menggunakan sarana
elektronik mencapai lebih dari 92,08 persen.
MENGENAL JENIS-JENIS KARTU KREDIT
Secara umum, jika di kelompokan maka diketahui prefix kartu kredit adalah :
Kode: 4xxx : VISA
5xxx : MASTERCARD
6xxx : DISCOVER
37xxx : AMERICAN EXPRESS
Prefix adalah digit awal pada kartu kredit.
Disini akan saya berikan sedikit informasi tambahan :
*) Sejak november 2004, MasterCard membeli BIN Range milik Diner’s Clubuntuk kawasan Amerika. BIN Range Diner’s Club International dimulaidengan angka 38, sedangkan BIN Range 36 menjadi milik MasterCard.
*) Sejak 1 oktober 2005, Discover Bank menyertakan BIN yang baru yaitu
650000-650999
Inilah
tabel
informasi
karu
:
Kode:
———————————————– |Prefix |Panjang Nomor |Jenis Kartu |
———————————————– |1800 |15 |JCB | |2131 |15 |JCB | |300 |14 |Diner’s Club | |301 |14 |Diner’s Club | |302 |14 |Diner’s Club | |303 |14 |Diner’s Club | |304 |14 |Diner’s Club | |305 |14 |Diner’s Club | |34 |15 |Amex | |36 |14/16 |Mastercard | |37 |15 |Amex | |38 |14 |Diner’s Club | |3 |16 |JCB | |4 |13/16 |VISA | |51 |14/16 |MasterCard | |52 |14/16 |MasterCard | |53 |14/16 |MasterCard | |54 |14/16 |MasterCard | |55 |14/16 |MasterCard | |56 |14/16 |MasterCard | |6011 |16 |Bank Card | |6500-6509* |16 |Discover Card | |6013 |16 |Discover Card | |560 |16 |Bank Card | |5611 |16 |Bank Card |
———————————————– BIN [Bank Identification Number]
merupakan 6 digit awal nomor kartu kredit. Bisa dikatakan sebagai penandauntuk menunjukan institusi yang menegeluarkan kartu tersebut kepadakonsumen atau Card Holder.
Setelah uang tunai , kartu kredit barangkali merupakan salah satu alat transaksi yang
paling popular dewasa ini. Gaya transaksi elektronik ini berkembang pesat dan menjadi
bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Penggunaan kartu kreditpun mewarnai bursa
transaksi di banyak negara tak terkecuali Indonesia.
Konsep penggunaan media kartu dalam bertransaksi sebenarnya telah dikenalkan sejak
tahun 1924,namun baru pada tahun 1950 hingga 1958 “si uang plastik ” (baca kartu) pertama kali
digunakan di Amerika melalui Dinners Club dan Amerikan Ekspress. Sekitar dekade 1970 –an barulah ide pembuatan kartu kredit dengan muatan teknologi tinggi diperkenalkan dan dapat diterima secara luas. Selanjutnya pada tahun 1977 Bank Americard memberi lisensi kartu kredit yang dipusatkan bersama secara resmi dibawah namaVis a. Pada dekade tersebut lahir pula perangkat lainnyayang menjadi penanda transaksi perbankan yang ditunjang oleh teknologi telekomunikasi secara on line untuk semua nasabah selama 24 jam penuh tanpa jeda. Bayangkan tiga puluh tahun kemudian lebih dari 90 persen transaksi perbankan dinegara- negara maju menggunakan perangkat ini. Di Indonesia sendiri kartu kredit mulai diperkenalkan sejak dua puluh lima tahun lalu oleh Citibank.
Dari sejak awal Citibank sudah memperkenalkan produk andalannya yakni kartuMaster
danVis a. Perjalanan Citybank dalam meraih pasar ditanah airbukanlah tanpa pesaing,
American Express (Amex) dan Dinnersclub juga melakukan hal yang sama. Namun
strategi promosi yang dilakukan oleh Citybank lebih gencar, hingga kartu American
Express dan Dinnersclub kurang begitu diminati.
Seiring dengan terus bergeraknya perekonomian Indonesia serta kebutuhan masyarakat
untuk berlaku efiesien jumlah pengguna kartu kredit dari waktu ke waktu terus meningkat.
Pasar kartu kredit pun mulai menarik perhatian perbankan nasional serta perbankan asinglainnya . Simak saja menuai banyak pro kontra , iklan penawaran kartu kredit bertebarandimana-mana baik itu di televisi, radio, media cetak atau papan billboard dengan segala programnya.

Sumber :
http://wong168.wordpress.com/2011/11/24/sejarah-kartu-kredit/

9 komentar:

  1. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. hubungi Mr Mr James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Kabar baik untuk semua orang, SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN diberikan pinjaman terjangkau untuk pelanggan tanpa agunan untuk Tahun 2017 dengan rencana sukses.

    Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis suku bunga kredit dari 2%. terburu-buru sekarang dan menjadi bagian dari program ini.
    (Sunshineloancompany@gmail.com)

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan Pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail Sunshineloancompany@gmail.com

    (SunshineLoanCompany)

    BalasHapus
  3. Metrolina Credit Company

    Katanya

    apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk mengembangkan bisnis Anda lagi karena tugas akami untuk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. karena Perusahaan Kredit Metrolina ada di sini untuk mempermudah pemberian pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kami akan membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akaan pinjaman dari kami, yang harus Anda lakukan adalah memberi kami akredensial dan kepercayaan Anda yang sesungguhnya dapat berlaku untuk kita dari manapun di ASIA, AMERIKA, EROPA AFRIKA

    Gmail::metrolinacreditcompany@gmail.com

    Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal.
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai personal bisnis yang bisa Anda terapkan dalam mata uang apapun yang Anda inginkan


    Tarima Kasih

    BalasHapus
  4. Sepotong informasi ini adalah tentang kebiasaan baik dan perbuatan baik dari Perusahaan Pinjaman Adriana Malkova. Siapa sangka seseorang seperti Adriana Malkova tidak ada sampai saya menemukan salah satu iklan online mereka. Dia adalah malaikat yang dikirim dari atas. Saya Setyono Putro dan inilah yang Adriana Malkova lakukan dia menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain. Saya adalah pemilik bisnis yang menjadi hutang besar dengan Bank dan saya mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman tapi tidak ada yang berjalan dengan baik. Sebaliknya, mereka membawa saya ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan saya 'jadi saat itulah saya bertemu dengan Adriana Malkova. Dia menawari saya pinjaman sebesar Rp 500.000.000 dengan suku bunga 2% bahkan ketika pada awalnya saya takut dia akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang saya coba pinjaman dari, tapi saya terkejut dia tidak seperti mereka. Sekarang saya akhirnya menyelesaikan hutang saya dan bisnis saya stabil dengan uang yang tersisa dalam pinjaman. Hubungi Adriana Malkova via e-mail. adrianamalkovaloan@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui e-mail saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: putroholdins@gmail.com

    BalasHapus
  5. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 24-72 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 1 Week?
    Get unsecured working capital?
    Email us:urgentloan22@gmail.com
    Application Form:
    =================
    Full Name:................
    Loan Amount Needed:.
    Purpose of loan:.......
    Loan Duration:..
    Gender:.............
    Marital status:....
    Location:..........
    Home Address:..
    City:............
    Country:......
    Phone:..........
    Mobile / Cell:....
    Occupation:......
    Monthly Income:....
    Email us (urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  6. Do not use all of these Private Money Lender here.They are located in Nigeria, Ghana Turkey, France and Israel.My name is Mrs.Ramirez Cecilia, I am from Philippines. Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal or business loan?contact Fast Legitimate Loan Approval he help me with a loan of $78.000 some days ago after been scammed of $19,000 from a woman claiming to be a loan lender from Nigeria but i thank God today that i got my loan worth $78.000.Feel free to contact the company for a genuine financial Email:(urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  7. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Saya Amisha, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 29 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Suzan Leo memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: (suzaninvestment@gmail.com). Email pribadi saya sendiri: (Amisha1213@gmail.com). Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    BalasHapus
  8. Are You Looking for a loan urgently? Would you like to settle your bills and Purchase property (Investment loan)/ Building loan? I can guarantee you 24 hours loan approval We are a world class Investment company offering all kinds of financial services with flexible repayment terms and a timely closing schedule.Email- (urgentloan22@gmail.com)
    Thank you.

    BalasHapus
  9. Saya ingin kembali semua kemuliaan Allah atas apa yang dia gunakan Ibu Alicia Radu lakukan dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya janda dengan 3 anak, suami saya mati dalam kemalangan kereta dan sejak itu kehidupan telah menjadi sangat kasar kepada saya dan keluarganya dan saya telah berusaha untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di sini di malaysia dan saya dinafikan dan ditolak kerana saya tidak mempunyai cagaran dan tidak boleh mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubunginya untuk bertanya mengenai Ibu dan betapa benarnya pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia memberitahu saya bahawa benar dan saya menghubungi Ibu Ibu Alicia Radu dan memohon pinjaman dan pinjaman saya diproses dan diluluskan dan dalam masa 24 jam saya mendapat amaran wang pinjaman saya dalam akaun saya dan ketika saya memeriksa akaun saya pinjaman saya utuh dan saya sangat gembira dan saya bersumpah bahawa mana-mana syarikat yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan penerangan mengenai syarikat itu, jadi saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat kepada setiap orang yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui e-mel: (aliciaradu260@gmail.com) dan anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk maklumat dan juga kawan saya ROBBI melalui e-mel nya :( robbi5868@gmail.com)

    BalasHapus